Search This Blog

Tuesday 15 February 2011

LANGKAH KECIL DENGAN LEDAKAN MAHADAHSYAT



"That's one small step for a man, one giant leap for mankind"
Saya yakin beberapa di antara kita telah mengetahui dengan jelas perkataan sederhana di atas tapi yang telah merubah sejarah peradaban manusia.
Tapi bagi yang belum mengetahuinya, kalimat di atas diucapkan oleh Astronot Neil Amstrong ketika ia pertama kalinya dalam peristiwa historis menginjakkan kakinya di atas permukaan bulan tanggal 20 Juli 1969. Itulah kali pertama kemustahilan untuk mengeksplorasi antariksa terbantahkan dengan satu tindakan yang nyata.

Semua dimulai oleh satu proklamasi dan keyakinan ambisius dari seorang presiden terpilih termuda dalam sejarah Amerika Serikat bernama Jhon Fitzgerald Kennedy di depan Kongres Amerika Serikat pada tanggal 25 Mei 1961 bahwa sebelum berakhir tahun 1960-an Amerika Serikat akan menjadi negara pertama “penakluk bulan”. Sekalipun Jhon F. Kennedy tidak lagi menyaksikan peristiwa emosional penting tersebut dalam sejarah manusia dari visinya yang telah menghabiskan dana US$ 24 Milyar itu karena mati tertembak di Dallas, Texas pada Jumat, 22 November 1963, tapi dunia berterima kasih padanya akan warisan visi seorang pemimpin hebat yang pernah lahir dan berkarya di atas dunia ini.


Jhon F. Kennedy, telah menjadi inspirasi bagi kita dalam menapaki tahun rahmat Tuhan ini.
Doa dan tangisan kita buat bangsa ini tidak akan pernah cukup mengguncangkan sejarah bangsa Indonesia yang besar ini di tengah pergaulan bangsa-bangsa, jika tanpa diiringi TINDAKAN NYATA buat berkarya di bangsa ini.

Jhon F. Kennedy adalah presiden termuda yang terpilih oleh salah satu pemilihan terketat dalam sejarah Amerika Serikat pada tahun 1960, namun telah meninggalkan goresan sejarah yang menginspirasi dunia bahwa langkah (tindakan nyata-red) kecil dengan visi besar pasti akan membuat perbedaan. Dengan masa jabatan yang tidak sampai 3 tahun telah mengakibatkan bangsa Amerika Serikat berjalan pada identitas yang sebenarnya di antara pergaulan antar bangsa hingga saat ini.

Ini mengingatkan kita tentang satu langkah sederhana dari manusia Ilahi penuh kemuliaan di dalam tempat makan binatang sederhana yang jorok dan bau tajam kotoran binatang di kota kecil terlupakan bernama Betlehem kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Dimulai dengan sebuah visi dari “dunia lain” tentang kedamaian, damai sejahtera dan menjadikan bangsa yang berjalan di dalam kegelapan untuk melihat terang yang besar; supaya bangsa yang diam di negeri kekelaman bersinar terang atasnya

Manusia Ilahi bernama Yesus Kristus ini pun harus malang melintang selama kurang lebih 3 tahun menjawab kebutuhan manusia. Ada protes, kemarahan, kekecewaan, kesedihan dan keprihatinan yang keluar dari mulut bahkan sikap hidup-NYA selama pengabdian-NYA di atas bumi ini, tetapi IA tetap bertindak, berkarya nyata, mengabdi dan melayani untuk menjadikan bumi dan manusia sebagai sebagai ciptaan termulia-NYA seperti gambaran utuh Bapa-NYA sebelum dunia dan manusia ini dijadikan.

Yesus tidak hanya duduk bersila dan menghabiskan waktu bermeditasi sampai mungkin berlumut, memanjatkan doa-doa kudus, mengambil puasa suci dalam gua-gua keramat atau tempat-tempat sacral di seluruh Israel, tetapi IA bertindak! Ia tidak pernah egois dalam melakukan setiap hal dalam hidup-NYA hanya untuk menambah pundi kekayaan pribadi-NYA dengan polesan aksesoris kepopuleran-NYA yang merebak dan meradiasi secara spektakuler di seluruh pelosok dan kota-kota mewah Israel.

Sobat, Yesus adalah pria sejati yang berpikir dan berprinsip bahwa ada hal yang jauh lebih penting dari hidup-NYA sendiri. Dunia menjadi sangat berbeda karena kehadiran-NYA.

Mungkin, Jhon F. Kennedy juga penuh senyuman sekarang ini karena ia pun memiliki prinsip bahwa ada hal yang lebih penting daripada sekedar kehidupannya sendiri, sekalipun itu juga berbicara tentang pengorbanan keluarganya. Amerika Serikat menjadi Negara Adidaya dalam semua aspek.

"That's one small step for a man, one giant leap for mankind"

Apa langkah kecil kita untuk bangsa ini?? Ataukah kita hanya mau sekedar survive di bangsa ini tanpa kehidupan yang bermakna??
Semoga tulisan ini mengubah prinsip dan cara pandang kita akan hidup kita yang singkat ini.



Keep Simple, Inspiring and Impacting the World
Pendidik, Inspirator, Pemberdaya 

No comments:

Post a Comment