Search This Blog

Thursday 21 February 2013

Penyimpangan Kebenaran Tentang Persembahan Persepuluhan (1)

Kebanyakan pengajaran oleh denominasi gereja tentang persembahan persepuluhan telah menjadi kutuk bagi banyak orang percaya.

Pengajaran bahwa lalai memberikan persembahan persepuluhan akan mengakibatkan kutuk, penyakit-penyakit ganas, kekurangan merupakan penyimpangan kebenaran yang mengerikan, yang digerakan oleh kedagingan dan ambisi denominasi gereja tertentu untuk memperkaya diri atau memerah jemaat tanpa peduli pada kebenaran yang seutuhnya dari Tuhan Yesus Kristus. Kita, tanpa sadar, menjadi perpanjangan tangan Setan dalam pesan-pesan kita daripada menyatakan tentang Yesus Kristus Tuhan yang sangat baik itu.

Matius 11:12 
Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.

Dan setelah Yesus Kristuspun Kerajaan Sorga dan kebenarannya masih banyak juga yang tetap diserongkan.


Perhatikan beberapa pernyataan kebenaran Yesus Kristus berikut ini :

A.   TIDAK memberikan persembahan persepuluhan TIDAK AKAN PERNAH kena kutuk, penyakit-penyakit ganas, kekurangan dan sejenisnya.

Dasar kebenaran dari Maleakhi 3:9-11 tidak relevan dengan kebenaran yang utuh di dalam Yesus Kristus. Ini hanyalah bayangan dari Yesus Kristus.

Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! Bawalah seluruhpersembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

Setiap orang percaya yang meyakini ayat tentang persembahan persepuluhan ini selalu memiliki:

- mentalitas ketakutan terhadap hukuman Tuhan/kutuk/penyakit/kekurangan ketika lalai memberi persepuluhan dan
- mentalitas menyogok Tuhan supaya dapat memberkatinya lagi.

Inilah kebenaran yang sesungguhnya dari Yesus Kristus:

Galatia 3:10  Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."
Galatia 3:13  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Roma 8:1–4
Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.  Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

Sahabatku, di dalam Yesus Kristus kita tidak lagi hidup di bawah kutuk atau penghukuman Tuhan. Yesus Kristus TELAH menjadi kutuk untuk kita. Kita telah hidup di dalam damai sejahtera, kekudusan, kasih sayang yang besar, sukacita, kebenaran dan pendamaian dengan Bapa Sorgawi di dalam Yesus Kristus. Syukur kepada Yesus Kristus yang sangat baik.


B.   Persembahan Persepuluhan tidak dikenal di dalam Perjanjian Baru.
Persembahan persepuluhan adalah petunjuk Tuhan untuk bangsa Israel (perjanjian lama) dan bukan petunjuk Tuhan untuk praktek di gereja Perjanjian Baru.
Tuhan Yesus Kristus pernah menyatakan tentang persembahan persepuluhan, tetapi bukan sebagai petunjuk bagi gereja Perjanjian baru tetapi lebih kepada sebuah kecaman pada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi dan menuntun kepada esensi atau apa yang paling utama yaitu keadilan, belas kasihan dan kesetiaan.

Matius 23:23 
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Memang kita bukan berdasarkan pada Hukum Taurat tetapi kepada Abraham yang hidup jauh sebelum Hukum Taurat ada. Abraham memberikan persepuluhan tercatat hanya satu kali saja kepada Melkisedek, Raja Salem.

Tetapi perhatikan, bahwa persepuluhan yang diberikan oleh Abraham adalah yang terbaik dari hasil rampasan perang (Kejadian 14:1-24), bukan dari hasil-hasil yang lain, padahal Abraham sangat kaya, banyak ternak, emas dan perak (Kejadian 13:2).

Ibrani 7:4 
Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik.

C.   Persembahan TIDAK HARUS SELALU diberikan untuk denominasi/organisasi gereja atau hamba-hamba Tuhan tertentu.
Ini mungkin akan menghentak Anda, tetapi dengarkanlah, pemberian-pemberian kita seharusnya diberikan bukan karena kita telah ditakuti oleh ayat-ayat Firman Tuhan tertentu yang dicaplok sesuka hati, tetapi karena sebuah kemerdekaan di dalam hati kita untuk memberi oleh karena cara pandang yang tepat tentang kebenaran yang datang oleh karena Yesus Kristus.

Yohanes 8:31,32,36
Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka."

Maleakhi 3:9-10 banyak digunakan sebagai referensi oleh beberapa denominasi/organisasi gereja sebagai legitimasi atas persembahan persepuluhan. Mereka menggunakan kalimat “..Bawalah seluruhpersembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan,..”, lebih khusus frase kata “rumah perbendaharaan” sebagai “rumah/organisasi gereja”.
Penggunaan frase kata tersebut telah diajarkan sedemikian rupa hanya untuk memerah dan mengintimidasi banyak orang/jemaat agar memberi persembahan kepada organisasi gereja tertentu. Ini TELAH membuat banyak orang percaya memberi karena takut/khawatir daripada memberi dalam kemerdekaan karena mengasihi Tuhan.

Maleakhi 3:10
… Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku…

Persembahan persepuluhan di dalam Perjanjian Lama oleh Tuhan diperuntukan supaya “ada persediaan makanan di rumah Tuhan”. Rumah Tuhan selalu berbicara tentang gereja di Perjanjian Baru. Dan gereja di Perjanjian Baru selalu mengacu 3 hal :
  1. Gereja adalah individu/seorang yang percaya Yesus Kristus. (1 Korintus 3:16-17; Kisah Para Rasul 7:48-50). Anda dan saya yang percaya Yesus Kristus adalah gereja.
  2. Gereja adalah sekumpulan/sekelompok orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus. (1 Petrus 2:8-9)
  3. Gereja universal sebagai satu kesatuan di seluruh dunia.

Pertanyaan berikut dari Maleakhi 3:10 tadi adalah untuk apa persediaan di rumah Tuhan itu?? Jawabannya adalah pada konteks kitab Malaekhi ini.
Persediaan di rumah Tuhan (Anda atau Saya atau komunitas/kelompok/kumpulan orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus) itu adalah untuk Maleakhi 3:5 “…orang upahan yang ditindas, janda dan anak piatu, dan orang asing…” . Ini adalah pesan yang sama ketika Tuhan berbicara secara detail tentang persembahan persepuluhan di Ulangan 14:22-29.

Ulangan 14:28-29
Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu; maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu."

Catatan :
Orang-orang/imam Lewi adalah pekerja Nasional bagi bangsa Israel di dalam Bait Tuhan dan tidak mendapat bagian dalam milik pusaka di Israel. Sedangkan di dalam Perjanjian Baru, semua orang percaya Yesus Kristus termasuk kita sekarang ini SEMUANYA adalah imam!! (1 Petrus 2:8-9)
Gereja Perjanjian Baru tidak mengenal penggolongan imam dan orang awam.

Persembahan persepuluhan atau persembahan lainnya di Alkitab hanyalah sebuah bayangan dari Tuhan yang dinyatakan sebagai keadilan, belas kasihan, kesetiaan oleh Yesus Kristus kepada orang-orang yang membutuhkan. (Maleakhi 3:1-12, Matius 23:23, 2 Korintus 8:13-14)


Go Freedom 


-       Rahasia sesungguhnya persembahan persepuluhan di Perjanjian Lama.
-       Persembahan/pemberian menurut Yesus Kristus untuk Gereja Perjanjian Baru.

3 comments:

  1. syalom bro adrian...
    thanks sharenya,ijin liat2 blog-nya yah...

    Maz 119;130Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

    ===>penjelasan diatas sangat menambah wawasan,
    tapi masih menimbulkan pertanyaan:
    >>>apakah Persepuluhan utk gereja Perjanjian baru masih KEHARUSAN atau tidak perlu lagi..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mner :-D.... makasih utk komennya... menjadi istimewa for kita karna mner da ba posting..

      tidak ada lagi persepuluhan dalam praktek gereja perjanjian baru.
      kita seharunya memberi bukan karena motivasi HARUS, tetapi karna mengingat TUhan yang TELAH memberkati kita maka kitapun berbagi dengan orang lain, siapa saja dimana Tuhan menggerakkan hati kita.

      Delete
  2. ada lanjutan ttg ini di Penyimpangan Kebenaran Tentang Persembahan Persepuluhan (2).. dsini dijabarkan ttg itu..
    yg pasti kesimpulannya perpuluhan tidak dikenal di PB.. dan disini juga kita tahu ttg persembahan persepuluhan yg sebenarnya itu apa.. ^_^

    nnt dibaca dulu ya..

    ReplyDelete