Search This Blog

Saturday 28 April 2012

JENIS SALIB YANG KITA PIKUL SEKARANG.

Pernyataan
Ajakan Yesus untuk mengikuti-NYA : sangkal diri, pikul salib, ikutlah Aku adalah ajakan Kristus untuk menanggalkan kemampuan, fasilitas, kekuatan kita sehingga kemampuan, kekuatan dan kuasa-NYA dapat bertindak utk dan melalui kita..


Tanya :
syalom..
yg saya mau tnya nih nohh' coz ktika kita renungkan kita harus sangkal diri, pikul salib dan ikut TUHAN,, bicara ikut TUHAN, TUHAN kan telah memikul salib dan mati di kayu salib untuk kita, dan trng musti ikut TUHAN, jadi gimana??
sedangkan ini perkataan TUHAN sendiri??
mohon pejelasannya kk..
thnx n TUHAN memberkati sebelumx..
GOD is LOVE.


Jawab
benar ini perkataan Yesus sendiri.

Markus  8:34
Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Matius  16:24.
Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Lukas  9:23
Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.


ada 3 point perkataan Yesus ttg mengikut-NYA:

1. Sangkal Diri :
resiko menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah bukan diri kita lagi yang menerima kemuliaan tetapi Tuhan yang MEMANG si empunya kemuliaan dan yang telah menganugerahkan kehidupan baru dan kemuliaan itu kepada kita.
 
Setelah kita tinggal dalam Yesus, maka IDENTITAS kita bukanlah kita lagi tetapi Kristus di dalam kita

Galatia 2:19,20
 Sebab AKU TELAH MATI oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku HIDUP untuk Tuhan. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Tuhan yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

makanya kita seharusnya memiliki kesadaran akan Yesus Kristus dibanding kesadaran akan diri kita. Inilah yang disebut sangkal diri. Diri kita TELAH mati, yang sekarang masih hidup tinggallah HIDUP Yesus Kristus.

Sangkal diri bagi siapa yang di dalam Kristus BUKANLAH sebuah upaya lagi tetapi HANYALAH pengalihan konsentrasi/fokus kesadaran dari kesadaran akan kemampuan dan kekuatan diri kita pada apa yang TELAH Yesus Kristus kerjakan buat kita.

2. Pikul Salib :
Ada beberapa makna salib dalam Alkitab. walaupun secara umum salib berbicara tentang PENDERITAAN dan tentu saja ini juga berarti KEMENANGAN oleh Yesus Kristus.
orang percaya tetap harus memikul salib.
tetapi perhatikan di sini salib/penderitaan yang bagaimana?

Salib Yesus Kristus berbicara tentang penebusan dari kutuk dosa dan akibat-akibat dari dosa itu.

1 Petrus 2:24
Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

mendamaikan kita dengan Bapa Sorga

1 Petrus 3:18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Tuhan; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh

serta menyediakan buat kita hal-hal yang baik dari Sorga lewat kemenangan-NYA atas kuasa si Jahat
Kolose 2:13-15
Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Tuhan bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,  dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:  Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.


sedangkan salib kita bukanlah salib seperti itu lagi, sobat!!

Filipi 1:29
"Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk MENDERITA untuk Dia,.."

Pasti ini bukan dimaksudkan Paulus sebagai salib/penderitaan karena dosa.
lihat nasihat berikut

Ibrani 12:1.
Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua BEBAN dan DOSA yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

salib beban kehidupan dan dosa TELAH diselesaikan oleh Yesus Kristus di atas kayu salib SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA.

makanya itu Yesus Kristus berkata di

Matius 11:28-30
"Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan

Jadi, salib kita itu ringan adanya.

salib kita adalah
1.    menderita oleh karena pemberitaan Injil Yesus Kristus. 2 Korintus 1:3-10,

2 Tesalonika 1:4,5
sehingga dalam jemaat-jemaat Tuhan kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita: suatu bukti tentang adilnya penghakiman Tuhan, yang menyatakan bahwa kamu layak menjadi warga Kerajaan Tuhan, kamu yang sekarang menderita karena Kerajaan itu.

,2 Timotius 1:8
Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Tuhan.

2 Timotius:9
Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Tuhan tidak terbelenggu.

2 Korintus 8:2 
Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.

1 Tesalonika 1:6
Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

Kisah Para Rasul 5:41 
Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.

2 Korintus 1:2-7
Kasih karunia dan damai sejahtera dari Tuhan, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Terpujilah Tuhan, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Tuhan sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Tuhan. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah. Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga. Dan pengharapan kami akan kamu adalah teguh, karena kami tahu, bahwa sama seperti kamu turut mengambil bagian dalam kesengsaraan kami, kamu juga turut mengambil bagian dalam penghiburan kami.

Woooooow…..
Pernahkah Anda melihat sukacita dan penghiburan seperti ini di dunia ini??
Tidak akan pernah ada sukacita dan penghiburan yang sejati seperti ini oleh karena penderitaan lain selain daripada penderitaan karena Injil Yesus Kristus.
Bukankah ini INDAH??

Penderitaan oleh karena pemberitaan Injil Yesus Kristus TELAH menjadi sukacita yang TIDAK DAPAT diungkapkan dengan kata-kata.
Dapatkah Anda melihat ternyata semua gereja Tuhan di masa gereja mula-mula berlomba-lomba untuk mengalami penderitaan oleh karena pemberitaan Injil Yesus Kristus??

2.    penderitaan dalam proses membapai/memuridkan generasi.

Galatia 4:19
Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Kolose 1:24
           Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat..

Disinilah kita mengetahui bahwa Rasul Paulus tidak sedang menyombongkan diri atau menganggap dirinya yang menyempurnakan Yesus Kristus, seolah-olah berkata bahwa penderitaan Yesus Kristus tidak sempurna atau masih kurang.

Yang Rasul Paulus maksudkan adalah proses penderitaan oleh karena memuridkan dan membapai generasi itu merupakan proses yang tidak akan pernah berhenti setelah Yesus Kristus mati, bangkit dan naik ke sorga. Ini harus terus berlanjut melalui Rasul Paulus dan hidup kita juga!

Ingat Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus :

Matius 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan AJARLAH mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Rasul Paulus sangat bersukacita dengan salib/penderitaan/kemenangan yang ia tanggung dalam Yesus Kristus. karena ia HANYA memandang terus kepada apa yang TELAH Yesus Kristus kerjakan di atas kayu salib sebagai symbol kemenangan.


3. Ikut Aku (Tuhan Yesus Kristus)
ini tentang pandangan, fokus, pemberitaan, kesadaran, kehidupan kita hanyalah tentang Yesus Kristus
Ibrani 12:2,3
Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Tuhan. Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.



Go Freedom in Jesus Christ!



Keep Simple, Inspiring and Impacting the World
Pendidik, Inspirator, Pemberdaya
Facebook group : Manado Community KINGDOM OF GOD

2 comments:

  1. Minta ijin share kak.

    Luar biasa !
    Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiiiiip...

      niar kebenaran memerdekakan kita smua..

      amin

      Delete