Search This Blog

Sunday 18 March 2012

PANTASKAH ANGELINA SONDAKH DIHUKUM TUHAN SEPERTI SEKARANG INI??

Hampir semua orang percaya Yesus Kristus hari ini menanggapi kehidupan Angie –sapaan Angelina Sondakh—sekarang ini dengan beragam komentar.

Kebanyakan dari komentar mereka beredar lewat situs-situs jejaring social seperti Facebook, Twitter dan bahkan lewat Blacberry Messenger ataupun SMS (short message service).. Kebanyakan dari komentar mereka percaya bahwa Angie pantas untuk dihukum Tuhan.

Sekarang ini, bagaimana Anda menjawab pertanyaan saya yang jadikan judul artikel di atas??
Kalau pemikiran Anda dengan cepat tertuju kepada memang Angie pantas dihukum Tuhan, maka Anda berarti telah diajarkan untuk meyakini hal yang salah selama ini tentang Tuhan kita.

Sobat, pertanyaan diatas sebenarnya adalah pertanyaan yang SALAH !!

yang tepat adalah :
APAKAH BENAR ANGELINA SONDAKH DIHUKUM oleh TUHAN SEPERTI YANG KITA LIHAT SEKARANG INI?? 
jawabannya adalah TIDAK BENAR. Angie tidak akan pernah dihukum oleh Tuhan Yesus Kristus!



Bayangkan papa Anda di rumah Anda yang pernah berkata bahwa ia sangat menyayangi dan sangat mengasihi Anda.

Dan papa Anda konsisten dengan hal yang dia katakan itu. Ia menunjukan sayang dan kasihnya kepada Anda.

Tapi di suatu waktu, Anda mulai menyukai seseorang dan akhirnya karena sayangnya Anda pada orang tersebut Andapun menolak semua kebaikan dan cinta papa Anda. Sebagai reaksi atas perlakuan Anda, papa Andapun membunuh orang yang Anda sayangi dan kasihi bahkan mempermalukan Anda di depan umum sambil berkata bahwa papa Anda harus membunuh orang yang Anda sayangi dan mempermalukan Anda untuk menunjukan betapa Anda telah menyakiti papa Anda dan tindakannya itu juga untuk menunjukan betapa ia mengasihi Anda.
Dapatkah Anda mempercayai bahwa ia papa yang baik??

Saya yakin Anda sepakat bahwa ia jelas bukan papa yang baik.

Tetapi ngerinya adalah kita mempercayai Tuhan sebagai Bapa Sorgawi yang SANGAT BAIK itu melakukan hal itu kepada siapa yang menolak Dia hari ini dan bisa jadi juga kepada kita yang melakukan pelanggaran dan kesalahan.

Kita hari ini banyak meyakini bahwa Tuhan telah menghukum Angie dengan “membunuh” Adjie Massaid, suaminya serta menghancurkan karir dan nama baiknya karena ia telah menolak Yesus Kristus. ITU TIDAK BENAR, SOBAT!!


KALAU BAPA SORGAWI MENGHUKUM SIAPAPUN DIATAS DUNIA INI DENGAN CARA-CARA SEPERTI PENYAKIT, KEMATIAN, TRAGEDI (seperti Tsunami, dsb), WABAH, MUSIBAH, KECELAKAAN, DAN SEJENISNYA, MAKA IA HARUS MINTA MAAF KEPADA TUHAN YESUS KRISTUS YANG TELAH MERELAKAN DIRINYA SENDIRI MATI DI ATAS KAYU SALIB UNTUK SEMUA DOSA DUNIA –ENTAH ORANG TERSEBUT PERCAYA KRISTUS ATAU BELUM-.

Carilah di seluruh kitab Injil, dimanakah Anda mendapati Tuhan Yesus Kristus pernah menghukum, menghakimi ataupun menghancurkan?? TIDAK PERNAH SEKALIPUN. Dia tidak berubah sampai hari ini, sobat!!

Tetapi berita baiknya adalah Ia adalah Bapa yang baik bahkan SANGAT BAIK. Ia tidak pernah menghukum siapapun, termasuk Anda ataupun Angie! 

Pernahkah Anda membaca kisah dalam perumpamaan Yesus di Lukas 15:11-32 tentang “Anak Yang Hilang”??

Dari kisah itu, apakah bapanya yang baik yang menyebabkan ia sampai jatuh pada titik terendah, terhina, kelaparan dan hampir mati itu??

Tahukah Anda juga bahwa anak itu pulang ke rumah BUKAN KARENA ia menyesal dan bertobat (seperti yang sering dikotbahkan atau diajarkan kepada kita selama ini) tetapi karena kelaparan??

Tahukah Anda bahwa ketika anak ini hendak mengaku hal-hal yang salah dalam hidupnya –sebagai basa basi saja dan bukan karena ketulusan-, bapanya sama sekali tidak mempedulikan hal itu?? Bapanya mengabaikan hal itu, ia tidak marah, ia tidak menghukum dan segera memotong pembicaraan dengan

Lukas 15:22-24
Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya. Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.  Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.”

Anda sudah lihat tentang gambaran Bapa Sorgawi kita yang sangat baik itu??

Ia tidak pernah sekalipun mengingat atau berbicara tentang kesalahan atau dosa anak paling kurang ajar sedunia itu kan? Ia justru menganugerahkan status, identitas, kebaikan dan kemurahan-NYA serta IA SENDIRI SANGAT BERSUKACITA untuk memberikan hal-hal itu..
 
Woooow itu Ayah dan Papa kita semua, sobat!

Ibrani 10:16,17
sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka."

Haleluyah!!!!

Berhentilah mengingat-ingat semua dosa-dosa Anda (yang lalu, sekarang ini dan masa akan datang oleh daging kita).
Ia TELAH MELUPAKANNYA dan MENGHAPUSNYA SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA OLEH YESUS KRISTUS!! 

Ibrani 10:10
Dan karena kehendak-Nya inilah kita TELAH dikuduskan SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.


Pelajaran berharga dari Tuhan kita dari kisah ini untuk Angie dan kita semua adalah :

Anak yang hilang itu dihukum dan dihakimi oleh dunia dimana penguasanya adalah Setan/Iblis

Dalam hal Angie, ketika ia MEMILIH untuk berhenti mempercayai Tuhan Yesus Kristus, maka ia pergi menjauhi semua fasilitas, perlindungan, pemeliharaan, kasih, kebaikan dan kemurahan Tuhan, maka dunia dan penguasa dunia inipun dengan mudah segera menghancurkannya.

Yohanes 10:10
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Oleh karena itu, berhentilah menuduh dengan hal-hal yang tidak benar tentang Tuhan kita yang SANGAT BAIK itu. Dan juga berhenti menghakimi Angie ataupun siapapun. Angie butuh kasih sejati Yesus Kristus dari kita sebagai orang-orang yang percaya Yesus Kristus. Ia perlu mendengar kabar baik dari Injil Yesus Kristus ini.

ANAK YANG SULUNG

Anak yang sulung adalah anak dengan mentalitas BUDAK di rumah Bapanya!

Jika kita senang menghakimi dan menghukum orang lain di pelayanan, tempat pekerjaan, di sekitar kita, bukankah kita memiliki roh BUDAK itu?? 

Roh budak selalu menunjukan betapa Anda suci dan kudus dengan upaya Anda, betapa Anda lebih baik, betapa Anda lebih taat dan selalu benar, betapa Anda tulus dengan kerja keras Anda, doa-doa Anda, puasa Anda, ibadah-ibadah dan pengorbanan Anda. Semua tentang Anda dan pelayanan Anda yang lebih baik.. Anda suka menuding, menjelekkan, dan menghakimi orang lain dan pelayanan yang lain. 

Anda mencoba mengubah orang lain sesuai kekuatan, pengalaman dan pikiran Anda!!
Anda mau Angie seperti itu, Anda mau orang lain di pelayanan Anda termasuk anak-anak rohani atau orang-orang yang Anda muridkan seperti itu, Anda mau pelayanan Anda seperti itu, Anda mau semua orang dan pelayanan berjalan sesuai dengan apa yang Anda mau dan inginkan. 

Anda memang hebat, tetapi sangat disayangkan Tuhan tidak bersama-sama Anda dalam hal ini!!

Tahukah Anda, apa yang Anda yakini itu adalah SAMPAH di mata Tuhan karena semuanya tentang mengabaikan karya sempurna Yesus Kristus di atas kayu salib dan berita kebangkitan-NYA. 

Anda dan siapapun tidak akan pernah dapat mengubah siapapun dan apapun!

Yesus Kristus Tuhan adalah SATU-SATUNYA pribadi yang dapat mengubah SIAPAPUN dan APAPUN.

Tetapi sekalipun demikian adanya Anda ataupun Angie, Ia tetap mengasihi Anda apa adanya dan Ia inginkan serta kehendaki ialah Anda mengetahui kebenaran dan mengalami kemerdekaan oleh dan di dalam kebenaran.

Hari ini dan seterusnya biarlah kita semua memiliki kesadaran akan Yesus Kristus yang sangat baik ini. Gantikan semua kesadaran akan yang lain dengan keindahan dan kemuliaan yang tak dapat digambarkan dengan kata-kata dari Pribadi Yesus Kristus, Tuhan kita.


Tuhan Yesus Kristus sangat mengasihi kita semua!!



Go freedom in Jesus Christ !!



Keep Simple, Inspiring and Impacting the World
Pendidik, Inspirator, Pemberdaya
facebook group : Manado Community KINGDOM OF GOD

18 comments:

  1. Mksih kak buat artikel ini....
    Artikel yg semakin meMeneguhkan Qt semua utk ttap Saling "Mengasihi" dan jgn saling "Menghakimi" satu dgn yg lain......

    Tuhan Yesus mmBerkati Qt semua....

    ReplyDelete
  2. halo Valentino,
    iya benar apa kata Valentino..
    tugas kita hari ini menyebarkan keharuman dari kebaikan Yesus Kristus sebagai Papa kita yang baik..

    ReplyDelete
  3. Gue setuju banget dengan pendapat valentino.... sejak awal memang ketika banyak org yg mengatakan bahwa Angie "dihukum" oleh Tuhan.... gue sangat TIDAK SETUJU mengenai pendapat tsb, dan itu jg sering gue sampaikan ke rekan2 gue.

    Menurut pendapat gue, kehidupan angie itu sekarang ini sama seperti ranting anggur yang terpisah dari Pohon Anggur (Yesus)... sehingga angie saat ini sedang mencari tempat untuk berpegang berdasarkan kemampuannya, kepintarannya, kepopulerannya serta kehendak bebasnya. selain itu juga menurut gue, angie sudah kehilangan hikmat dari Roh Kudus (Roh Allah undur dari Angie, sama seperti kejadian Roh Allah yang Undur dari Saul), sehingga menurut gue sekali lagi saat ini angie memilih tempat berpegang (pohon) yang SALAH, yaitu Manusia, Kekuasaan, Kepintarannya (Gelar)... sementara semua itu bisa menyesatkan dan mengecewakan kita....

    Namun Tuhan Yesus itu tetap baik, dari dulu - sekarang - selamanya.... namun jika kita menyangkal-Nya maka Roh-Nya yg ada pada kita sebelumnya juga akan Undur dari hidup kita, sehingga hikmat-Nya tidak ada pada kita... inilah kehidupan angie menurut gue saat ini... namun Kasih Allah akan selalu ada buat angie & org2x sprti angie jika mereka mau datang ke Yesus, Buka Hati dan Ijinkan Kuasa Allah Melawatkan hidup mereka......

    GBU all..
    Dhana

    ReplyDelete
  4. Dhana, statement kebenarannya keren.. sepakat walaupun harus ada yang perlu diluruskan..

    "selain itu juga menurut gue, angie sudah kehilangan hikmat dari Roh Kudus (Roh Allah undur dari Angie, sama seperti kejadian Roh Allah yang Undur dari Saul)"

    kebenaran Alkitab di Perjanjian Lama menyatakan bahwa Roh Kudus tidak pernah tinggal dalam manusia yang percaya Tuhan. Roh itu hanya hinggap, jadi bisa pergi ketika seseorang menjadi tidak taat pada Tuhan.
    Di Perjanjian Baru, Roh Kudus itu tinggal dalam manusia yang telah percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan (Efesus 1:13,14). jadi tidak semudah itu Roh Kudus itu pergi.

    jika Angie pernah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Roh Kudus tinggal dalam dia, maka bisa jadi Roh Kudus memang masih di dalam Angie tetapi "terperangkap" setelah Angie meyakini kepercayaan yang lain. Dia bukan Tuhan yang suka memaksa.. Dia lembut dan rendah hati. Dia Tuhan dan Roh yang senang pada kerelaan dan kesediaan kita.

    syarat2 utk seseorang disebut murtad tidaklah mudah seperti penghakiman kita sekarang ini pada Angie. lihat Ibrani 6:4-8

    ReplyDelete
  5. boleh saya sebarkan yah...

    terimakasih artikelnya, saya sendiri nyaris menghakimi angie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa dong Ricadson..

      biar smua orang menjadi seperti Yesus Kristus..

      Delete
  6. Betul Banget...

    Dan Menurut Pendapat Pribadi Saya, Itu Adalah Ungkapan Teguran Tuhan Terhadap Angie... Dan Bila Angie Sadar Akan Hal Itu, Betapa Ia Akan Sangat Bersyukur Bahwa Tuhan Yesus Memberi Teguran Tersebut. Karena Tuhan Mengharjar Dan Menegur Siapa Yang Di KasihiNya Bila Melakukan Kesalahan. isa Digambarkan Bahwa Itu Merupakan Rotan Didikan Tuhan, Tergantung Sekarang Angie Peka Akan Hal Tersebut Atau Tidak.

    Dan Kita Seagai Orang2 Beriman, Sudah Seharusnya Kita Berdoa, Supaya Angie Dilembutkan Hatinya, Dicelikan Matanya, Sehingga Angie Teringat Akan Bapa'nya Yang Telah Di Ingkari Dan Di Tinggalkannya, Kemudian Kembali Pulang Ke Pelukan Bapa. (*Anak Yg Hilang)

    Blessed To Bless. Jesus Bless.

    ReplyDelete
  7. Ibrani 6 : 4-8
    4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
    5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
    6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka
    bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.
    7 Sebab tanah yang menghisap air hujan yang sering turun ke atasnya, dan yang menghasilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna bagi mereka yang mengerjakannya, menerima berkat dari Allah;
    8 tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri, tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.
    (Semoga meng-inspirasi kita semua atas Keadilan dan Belaskasihan TUHAN YESUS KRISTUS)

    ReplyDelete
  8. Kita jangan menghakimi anggie tetapi mendoakan beliau supaya bertobat sebelum terlambat .. dan mohon perlindungan Tuhan agar kita tidak jatuh dalam kesalahan yg sama .. survey membuktikan kl kita membenci orang lain yg berbuat salah dng cara berlebihan tanpa disadari kita kelak akan melakukan kesalahan yg sama atau lebih parah lagi .. Aa.gym wkt demo UU anti porno aksi naik keatas truk yg paling tinggi .. selanjutnya ?

    ReplyDelete
  9. sangat setuju pak, statement pak eddy ini kebenaran banget..
    ^_^

    ReplyDelete
  10. Kayaknya penulis artikel di atas mau mencitrakan Tuhan Yesus itu BAIK, tidak pernah menghukum atau menghakimi....Tapi jangan lupa bahwa Sifat ALLAH itu selain KASIH tapi juga ADIL. Berbicara tentang sifat ALLAH yang ADIL berarti juga berbicara tentang sifat YESUS yang juga demikian.

    Jangan memberikan pengajaran yang separoh tentang sifat Allah karena ini berbahaya. Jangan lupa pula Yesus pernah mengecam orang-orang Farisi bahkan murid-Nya sendiri. Yesus akan datang kedua kali dan dikatakan bahwa dia akan menghakimi, maka di satu sisi bagi orang percaya itu kabar baik tapi bagi orang percaya itu kabar buruk yaitu kebinasaan kekal.

    Pengajaran di atas seolah-olah mengatakan silakan berbuat apapun termasuk berbuat dosa apapun karena itu tidak menjadi masalah, Yesus tetap mengasihi. Ini namanya ngawur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak pak Ronny untuk komentarnya:

      "Pengajaran di atas seolah-olah mengatakan silakan berbuat apapun termasuk berbuat dosa apapun karena itu tidak menjadi masalah, Yesus tetap mengasihi. Ini namanya ngawur."

      hnya penekanan pak Ronny sama seperti reaksi kebanyakan gereja pada saat ini.. kebanyakan penekanan pengajaran gereja saat ini adalah pada dosa. semua akan bicara ttg Tuhan yg baik, tetapi selalu ujung2nya bagaimana melawan dosa. akhirnya kita berfokus kepada dosa, bukan kepada Yesus Kristus sang kebenaran.

      Kemenangan orang percaya bukan pada bagaimana melawan dosa yang telah dikalahkan oleh Yesus Kristus satu kali untuk selama-lamanya... tetapi bagaimana tetap pada kesadaran akan kemenangan yang TELAH dikerjakan sempurna oleh Yesus Kristus.

      isu utama kita saat ini bukan lagi ttg dosa. tetapi seharusnya ttg Yesus Kristus.

      dosa itu sangat menghancurkan manusia!!!
      semua gereja sudah sangat ahli menjabarkan ttg dosa dari a sampai z...

      tapi tentang Yesus?? justru ini diajarkan separoh oleh gereja.
      mudah saja kita mengetahuinya.. mereka akan sangat dapat panjang lebar menjelaskan ttg dosa dan segala dampaknya daripada ttg Yesus Kristus. sampai hari ini kebanyakan org memiliki ketakutan akan masa depannya setelah kemah tubuh ini dibongkar.. apakah ketakutan ini dari Tuhan?? ketakutan ini disebar oleh pengkotbah2 yg mengajarkan separoh Tuhan. dan kita tahu ketakutan ini berasal dari mana.

      pernyataan pak Ronny bahwa Yesus pernah mengecam Farisi dan murid2NYA.. itu benar! apakah Yesus pernah mengecam orang berdosa??

      ketika seseorang berbuat salah apakah Yesus mengecam dan menghakiminya?? Ia memberikan koreksi tetapi tidak menghakimi.
      Kisah Petrus dan ayam adalah contoh terbaik dari Kasih yang adalah keadilan Tuhan juga.

      bgm dengan kita sekarang, kita cenderung mengasihi atau menghakimi??

      apakah Tuhan adalah kasih? apakah Tuhan adil? kedua-duanya IYA.

      tetapi kita selalu melihat KASIH dan ADIL untuk DISEIMBANGKAN!

      Tuhan adalah kasih, dan DIDALAM kasihNYA ada keadilan, kekuatan, hikmat, kekudusan, dll. itu bukan utk diseimbangkan tetapi dipandang secara keseluruhan.

      mungkin ini pertanyaan bukan kita semua.

      jika kita yang berada di posisi Angie, apa yang ingin kita terima?? dihakimi atau dikasihi?? menghakimi akan membuat org kuat tetapi dalam hati yang keras dan penuh kebencian trhadap hidup dan dirinya sendiri... mengasihi membuat orang melihat Tuhan dengan benar.

      Tuhan masih tetap adil? IYA! apakah Ia masih mengasihi?? IYA. mengasihi bagi Tuhan adalah keadilan-NYA.

      Delete
  11. Jika di posisi Angie, yang dia inginkan adalah bisa bebas secepatnya supaya bisa kawin lagi, he he. Dia bukannya nggak tahu Tuhan sangat mengasihi dia, Angie sangat cerdas dan nggak perlu diajari hal itu. Dia pernah bersaksi bagaimana Tuhan menyelamatkan dia dari bom Kuningan, saya pernah baca kesaksiananya. Tapi lihat apa yang terjadi kemudian. Dia membuang jauh-jauh Juruselamat yang mengasihinya dan telah menyelamatkannya secara fisik dari bom...

    Kalau seseorang terus-menerus menolak kasih dan anugerah Tuhan maka dia dengan sengaja menimbun murka Allah atas dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Ronny, saya rasa tanpa Allah menghukum Angie dia sudah dibuat menderita oleh penguasa dunia ini karena jalan yang dia pilih sendiri. Dosa memiliki penderitaan dan kutuknya sendiri tanpa Tuhan turun tangan menghajar pun sudah otomatis akan menderita dan celaka. Saat kita memilih mengikuti jalan kita sendiri jalan itu pasti berujung celaka dan penderitaan. Kenapa kita malah berfikir kecelakaan dan tragedi itu perbuatan tangan Tuhan padahal kasih karunia Nya justru masih melindungi orang2 yang seharusnya mungkin sudah binasa. Saya sangat percaya Tuhan selalu mau memulihkan siapa saja yang sudah meninggalkan Dia. Saya mengalami kebaikan Tuhan Yesus yang luar biasa, dan kebaikan itulah yang membuat saya bertobat, setiap kisah pertobatan dalam perjanjian baru selalu disebabkan oleh perjumpaan dengan kasih Yesus dan pengampunan Nya yang sejati, bukan oleh murka Allah. Untuk apa Yesus menangggung murka Allah dikayu salib kalo ternyata kita masih bisa mendapat murka, apa salib Yesus ternyata bekerja setengah2? pekerjaan yang belum tuntas?. Dan apa perbedaan dosa kita dengan dosa angie? bukan kah dimata Tuhan dosa besar maupun kecil adalah sama berupah maut juga. Apa yang membuat kita berfikir Angie pantas mendapat murka Allah sedangkan kita tidak, apakah kita sudah tidak pernah berbuat dosa? atau kita pikir dosa kita tidak separah Angie? hal seperti inilah yang Yesus tentang karena kita seperti orang farisi, pandai mengadili orang lain, berfikir para pendosa itu layak dihukum Tuhan karena parahnya dosa mereka dibandingkan kita sendiri. Kita semua pantas dan layak mendapatkan kehidupan seperti yang angie alami bahkan seharusnya lebih lagi kalau saja kita menyadari betapa dosa kita itu tak terhingga, tidak ada hal yang baik di dalam diri kita untuk kita bisa persembahkan kepada Tuhan, bahkan kebaikan kita pun tidak sempurna dan tidak memenuhi standard Tuhan. Kenapa kita masi ada dan hidup berkecukupan bahkan Angie pun masih hidup itu semua karena kemurahan dan kasih karunia Tuhan, semua karena karya salib Nya. Semua hal baik yang kita alami itu semua hanya karena Yesus sudah menanggung hal buruk yang sepantasnya kita alami, bukan karena usaha kita dalam rajin beribadah berdoa dan berbuat baik, walaupun kita beribadah berdoa dan taat itu semua dilandasi oleh sukacita dan kesadaran betapa kita sudah diampun. Adalah mental yang salah jika berfikir beribadah berdoa dan taat adalah untuk mendapat pengampunan atau mendapat berkat, karena Yesus sudah memberkati kita dengan cuma2 bahkan saat kita masih seorang pendosa. Hati Tuhan itu adalah untuk mengasihi memulihkan dan menyembuhkan meski tanganya harus mengadili, ia mengadili dengan belas kasihan di hatinya bukan dengan sukacita, dan puji Tuhan dia mengadili anak Nya sendiri agar supaya kita tidak menerima hukuman. Keadilan Tuhan sudah dipenuhi dan dipuaskan oleh Yesus. Bersuka citalah kita tidak harus menanggung itu.. He is too good to be true, Angie perlu mendengar kabar baik kembali. tidak cukup hanya pernah mendengar, dari mendengar dan terus mendengar lah firman itu akan bertumbuh kembali

      Delete
  12. Kenapa sih kristen hobi tebar fitnah,katanys angelina sondakh korupsi gara2 maduk islam,padahal pelaku korupsi atau kejahatan bisa dilakukan oleh siapa saja,dinegara yg mayoritas kristen bnysk pelaku kejahatsn,korupsi dll,jgn karena islam mayoritas di indonesia,semua pelaku kejahatan dikait kaitkan gara2 masuk islam,itu alasan ga logis!

    ReplyDelete
  13. Rony dee:anda bilang anggie biar bisa kawin lagi,maksudnya apa?kalau anggie ditinggal mati suaminya,terus menikah lagi emang ga boleh?kenapa orkis kalau dengar orang islam kawin lagi,jadi bahan sindiran,sementara banyak orang kristen hobinya pesta2,berzinah anda tutup mulut?

    ReplyDelete
  14. Rony dee:anda bilang anggie biar bisa kawin lagi,maksudnya apa?kalau anggie ditinggal mati suaminya,terus menikah lagi emang ga boleh?kenapa orkis kalau dengar orang islam kawin lagi,jadi bahan sindiran,sementara banyak orang kristen hobinya pesta2,berzinah anda tutup mulut?

    ReplyDelete
  15. Yogi, saya pikir tidak bijaksana mengeneralisir "semua orang Kristen" padahal suatu pendapat hanya keluar dr segelintir org sj. Tetap dalam damai ya.. :-)
    Salam...

    ReplyDelete