Search This Blog

Friday 14 February 2014

APA YANG ISTIMEWA DARI SEBUAH FOTO??


Mengapa Anda suka menyimpan dan membuka file-file foto di smartphone atau di komputer Anda atau membuka album-album foto Anda berulang-ulang kali? Apa yang istimewa dari sebuah atau sekumpulan foto?? Mengapa memajangnya sebagai profil picture di Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dsb atau sebagai display picture Blackberry, Whatsapp, Line, dsb.?

Ketika pertanyaan ini ditanyakan kepada saya, maka jawaban spontan saya adalah : 
    1.    Saya selalu pertama ingin melihat diri saya sendiri di dalam foto itu atau seseorang atau sekumpulan orang yang saya sayangi, yang menginspirasi hidup saya dan,
    2.    Untuk mengingat kembali setiap momen, kenangan dan keindahan melalui foto itu    sambil tersenyum, kagum, bangga dan bersyukur.
  Bagaimana dengan Anda?? :-D

Saya menyukai foto yang saya lampirkan di bawah dari note/catatan ini. Saya menaruhnya di depan meja belajar yang selalu digunakan setiap hari. Foto ini juga adalah foto di desktop laptop saya. Foto ini juga terpajang di screensaver smartphone blackberry saya. Saya selalu menyukai senyuman wanita cantik ini seolah itu adalah senyuman saya sendiri. Foto ini menceritakan tentang diri saya sendiri. Foto ini tentang orang yang selalu saya rindukan dan saya sayangi. Foto ini begitu pribadi.




Foto inipun juga mengingatkan tentang romantisme, kabut, sejuknya dan indahnya Danau Beratan Bedugul dan keramahan masyarakat Bali. Bagi saya itulah istimewanya foto ini. Sekali lagi, foto ini begitu pribadi.

PENEMUAN TERBESAR
Menurut Anda, apakah penemuan terbesar di dunia ini??

Mungkin beberapa akan menjawab cikal bakal bom atom oleh Albert Einstein atau penemuan benua Amerika oleh Christophorus Colombus atau computer atau…. Atau…. Atau….

Tetapi tahukah Anda bahwa penemuan terbesar di dunia adalah penemuan tentang diri Anda sendiri??

Tidak ada yang lebih penting, lebih berharga dari seluruh agenda setiap orang di dunia ini daripada menemukan diri mereka sendiri.

Pertanyaan terbesar dari setiap orang adalah siapa saya, untuk apa saya ada di dunia ini, saya akan menikah dengan siapa, saya seharusnya sekolah atau kuliah atau bekerja di bidang apa, mengapa saya berkata ini, mengapa saya melakukan ini, dll.

Begitu banyak orang mencoba menjawab dengan diri saya adalah sama dengan kerja keras atau disiplin atau kesuksesan atau kekayaan atau eksistensi diri atau popularitas, dll. Bukankah semua ini hal-hal yang baik?? IYA, tetapi ini BUKAN ANDA!!

Karena telah terbukti ketika mereka mendapatkan semuanya itu, mereka mengalami kehampaan, galau, kesepian dan kekecewaan.

Kolose_1:16,17 
karena di dalam Dialah (Yesus Kristus) telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Sebelum Anda melihat Yesus Kristus sebagai Anda yang sejati, maka Anda akan menjalani hidup Anda dengan trial and error (coba dan gagal).


PETA PENEMUAN
Hal yang penting untuk menemukan harta karun Anda, diri Anda yang sejati adalah dengan memiliki petanya. Peta akan memastikan Anda tidak tersesat dan menghabiskan waktu serta energi yang tidak perlu.

Roh Kudus dan Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab adalah satu-satunya peta.

Banyak orang menyukai Alkitab hanya untuk menggali dan menemukan prinsip, filosofi, ajaran-ajaran, aturan-aturan hidup yang lebih baik, sehingga mereka akhirnya berjalan penuh beban, kelelahan, depresi, frustasi dan binasa. Mereka tidak pernah menikmati hidup yang sesungguhnya.

Tetapi, ketika seseorang menyukai Firman Tuhan dalam Alkitab karena hal itu begitu pribadi, maka ia selalu menemukan dirinya sendiri, ia pasti sangat menyukainya, sangat bergairah dan antusias untuk segala hal dan tentu saja sangat menikmati semua perjalanan hidupnya yang berkelimpahan.

Mengapa saya menyukai foto tadi? Karena itu begitu pribadi. Karena saya menemukan diri saya sendiri di sana. Saya akan selalu senang, bergembira, dalam sukacita ketika memandang foto ini. Karena foto ini begitu pribadi.

Mengapa saya menyukai Firman Tuhan dalam Alkitab? karena itu begitu pribadi. Karena itu tentang saya. Saya tidak membaca Alkitab untuk menemukan prinsip hidup, filosofi, ajaran, dll… saya senang membacanya karena selalu menemukan diri saya yang sejati di setiap helai halaman buku kehidupan ini. Saya selalu berjumpa dengan pribadi saya sendiri.

YESUS KRISTUS ADALAH ANDA YANG SEJATI !!

Anda tidak pernah sendiri !!

Roh Kudus akan mengarahkan, menginspirasi, membujuk, menawarkan, meyakinkan Anda tentang Anda yang sejati ini.

Menjadi ciptaan baru di dalam Kristus adalah peristiwa terpenting dalam hidup Anda. Ketika Anda lahir dari Kristus maka ciptaan baru Anda atau manusia baru Anda atau manusia roh Anda adalah YESUS KRISTUS, bukan Anda lagi.

Dan manusia roh Anda yaitu Yesus Kristus ini adalah Imannuel atau Tuhan yang selalu menyertai Anda, entah Anda di salon, sekolah, kantor, di ladang, di jalan, di atas pesawat, dll…….. karena Ia tinggal di dalam Anda.

BEBERAPA CONTOH
1.    Setiap tahun orang percaya merayakan Natal Yesus Kristus, tetapi hanya segelintir orang yang merayakannya sebagai kelahiran mereka sendiri.  
Tahukah Anda bahwa Yesus Kristus bukan datang untuk Anda, Ia datang sebagai Anda!

Bagaimana dengan penderitaan, penyaliban, kematian, kenaikan Yesus ke sorga dan duduk di sebelah kanan Bapa Sorgawi?? yang sangat menakjubkan, itu adalah pengalaman dan petualangan hidup Anda juga.

2. Setiap orang percaya selalu berdoa, tetapi kebanyakan tidak yakin bahwa doa mereka didengar sehingga mereka selalu meminta dan meminta untuk sesuatu itu terus menerus.

Yohanes 11:41,42
Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Yesus Kristus adalah Anda yang sejati, Ia adalah ciptaan baru atau manusia roh Anda. Karena Ia selalu didengar, demikianlah Anda.

 3. Banyak orang yang percaya tidak yakin bahwa semua dosanya (masa lalu, masa kini dan masa depan) telah diampuni dan telah menjadi orang benar.

2 Korintus 5:21 
Dia (yaitu Yesus Kristus) yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Tuhan.


4. Banyak orang percaya masih mempertanyakan apakah Tuhan mengasihi dan berkenan kepadanya, sehingga beberapa orang mencoba mencari kasih dan perkenanan dari manusia atau dari setiap perbuatan baik mereka.

Mat 3:16,17
Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,  lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Yesus Kristus adalah Anda yang sejati. Sebagaimana Yesus, demikianlah Anda.
-----------------------------------------------------------------
Tuhan tidak pernah menilai atau melihat Anda dari perbuatan baik atau jahat, performa, tindakan, pikiran, perasaan, sikap, perkataan Anda. Tuhan melihat Anda karena siapa Anda atau manusia roh Anda atau ciptaan baru Anda yaitu Yesus Kristus di dalam Anda.

Perbuatan baik Anda tidak akan pernah membuat Tuhan lebih mengasihi Anda dan setiap perbuatan dosa/kedagingan Anda tidak akan pernah membuat Tuhan marah atau meninggalkan Anda.

Perbuatan baik atau dosa/kedagingan Anda tidak akan pernah mempengaruhi hubungan Tuhan terhadap Anda, tetapi itu dapat mempengaruhi cara pandang Anda, kemerdekaan Anda terhadap Tuhan.

Tetapi Tuhan TELAH dan SELALU mengasihi Anda, itu tidak dapat ditambahkan atau dikurangkan lagi.

Jadi, mengapa saya menyukai foto-foto saya? Karena itu begitu pribadi.

Mengapa saya dapat menyukai Firman Tuhan dalam Alkitab? Karena itu begitu pribadi dimana saya melihat diri saya sendiri melalui Yesus Kristus.

Bagaimana dengan Anda??



Tetaplah Sederhana, Menginspirasi dan Berdampak bagi Dunia






No comments:

Post a Comment