Search This Blog

Saturday 31 March 2012

PENGAKUAN DOSA


Pengakuan dosa telah menjadi trend berabad-abad dalam sebagian besar agama di dunia. Pengakuan dosa telah menjadi salah satu jalan keluar yang diberi nilai lebih oleh sebagian besar agama di seluruh dunia sebagai bagian dari metode atau pola penghapusan dosa. Tetapi tahukah Anda semua orang yang selalu mengaku dosanya untuk pengampunan dosa -- entah kepada siapapun Tuhannya -- akan selalu hidup dalam ketakutan, ketidakpastian keselamatan, kebimbangan, keraguan, kegagalan, kesalahan-kesalahan, kekurangan-kekurangan, kekhawatiran dan tidak akan pernah merdeka dalam kehidupan beragamanya –entah ia beragama Kristen, Islam, Hindu, Budha, dsb --?

Sobat, hari ini, dengarkanlah kebenaran sesungguhnya dari Injil, satu-satunya Kabar Baik dari Yesus Kristus tentang hal ini :

Setiap orang yang TELAH menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka IA TIDAK MEMERLUKAN LAGI UNTUK SELALU mengaku dosa-dosanya UNTUK PENGAMPUNAN DOSA.

Alkitab sebagai buku kehidupan semua orang di dunia inipun telah melaporkan tentang kemerdekaan ini bagi kita 

1 Yohanes 1:9
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Kalimat dalam kitab Yohanes ini telah menjadi acuan bagi beberapa denominasi gereja untuk menjadikannya sebagai salah satu standar prosedur dalam setiap kebaktian yang mereka selenggarakan. Bahkan doa-doa makan, tidur, doa pribadi kita, dan doa-doa yang lain hampir selalu diakhiri dengan pengakuan dosa. Ini bukan seperti yang diajarkan kebenaran Firman Yesus Kristus untuk kita!!


Perhatikan hal ini :

Berita Alkitab BUKANLAH berita Agama yang selalu menuju kematian tetapi berita kehidupan yang membawa pada hidup yang kekal.

Ketika 1 Yohanes 1:9 menjadi berita agama, maka beritanya bukanlah lagi kehidupan tetapi rutinitas yang membawa setiap orang pada KESADARAN AKAN DOSA dan tentu saja pada kematian sebagai akibat dari dosa.

Roma  6:23a
Sebab upah dosa adalah maut;..

Pesan 1 Yohanes 1:9 ditujukan untuk semua orang yang belum mempercayai dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Pengakuan dosa untuk pengampunan dosa disini diperlukan PERTAMA KALI dan TERAKHIR KALI untuk setiap orang yang baru saja merespon panggilan Tuhan Yesus dalam hidup mereka untuk menerima keselamatan dan hidup yang kekal.

1 Yohanes 1:8.
 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

Lihatlah ayat sebelumnya, bahwa orang yang mengaku dosanya untuk pengampunan dosanya adalah orang yang harus memiliki kesadaran bahwa ia berdosa dan membutuhkan Juruselamat.

Tetapi siapapun juga yang TELAH ada di dalam Yesus Kristus TIDAK BERBUAT DOSA LAGI !!

1 Yohanes 3:5,6
 Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

1 Yohanes 3:9
Setiap orang yang lahir dari Tuhan, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Tuhan.

1 Yohanes 5:18.
Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Tuhan, tidak berbuat dosa

Mereka yang lahir dari Tuhan adalah mereka yang disebutkan dalam

Yohanes 1:12,13
 Tetapi semua orang yang menerima-Nya (Tuhan Yesus Kristus) diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Tuhan, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang DIPERANAKKAN BUKAN dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Tuhan. (tanda kurung dari penulis)

Dengan cara sangat sederhana menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat seperti yang ditunjukan dalam

Roma 10:9,10
Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Tuhan telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Orang-orang yang TELAH dalam Yesus Kristus inipun disebutkan sebagai ORANG BENAR, KUDUS, PENUH HIKMAT, TELAH DITEBUS oleh Yesus Kristus.

1 Corinthians 1:30,31
But of him are ye in Christ Jesus, who of God IS MADE unto us WISDOM, and RIGHTEOUSNESS, and SANCTIFICATION, and REDEMPTION: That, according as it is written, He that glorieth, let him glory in the Lord. (King James Version Bible)


1 Korintus 1:30,31
 Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Tuhan TELAH menjadi HIKMAT bagi kita. Ia MEMBENARKAN dan MENGUDUSKAN dan MENEBUS kita. Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan." (Alkitab Terjemahan Baru, LAI)


KITA sebagai anak Tuhan adalah KUDUS, BENAR, SEMPURNA, TIDAK BERBUAT DOSA LAGI oleh karena Yesus Kristus!

Ibrani 10:10
Dan karena kehendak-Nya inilah kita TELAH DIKUDUSKAN SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Ibrani 10:14
 Sebab oleh SATU KORBAN (Yesus Kristus) saja Ia TELAH MENYEMPURNAKAN untuk selama-lamanya mereka yang Ia KUDUSKAN (di ayat 10). (tanda kurung dari penulis)


Tahukah Anda ketika seseorang hendak membawa korban penghapus dosa seperti binatang domba, kambing, lembu, burung merpati atau burung tekukur bagi dirinya di Bait Suci di Yerusalem, maka imam-imam HANYA AKAN melihat dan meneliti binatang yang akan orang tersebut persembahkan sebagai korban penebus dosa apakah bercacat cela atau tidak TETAPI tidak akan pernah meneliti dosa dari orang yang membawa korban persembahan itu?? Imamat 4, 5, 6.

Demikianlah dengan Bapa Sorgawi kita yang tidak lagi mengingat-ingat atau meneliti dosa kita tetapi TELAH menghapus semua dosa dengan jalan menanggungkan semua akibat dosa dan kutuk kepada Anak Domba yang tersembelih, Anak Tunggal-NYA, Yesus Kristus.

Galatia 3:13
 Kristus TELAH menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Wahyu  5:12
Dan mereka menyanyi dengan suara yang kuat, "Anak Domba yang SUDAH disembelih itu, layak untuk menerima kuasa, kekayaan, kebijaksanaan dan kekuatan; Ia layak dihormati, diagungkan dan dipuji-puji!"

1 Korintus 5:7b
……. karena Kristus yang menjadi sebagai domba Paskah kita, sudah dikurbankan.

Kalau Bapa Sorgawi tidak lagi melihat kita sebagai pendosa tetapi orang kudus, tak bercacat cela, tidak berbuat dosa lagi karena Anak Domba yang TELAH tersembelih itu, yaitu Yesus Kristus yang tak bercacat cela itu TELAH rela menyerahkan Hidup-NYA untuk kita, maka mengapa kita perlu berulang-ulang kali mengaku dosa kita (yang TELAH DIAMPUNI, DIHAPUSKAN SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA oleh Yesus Kristus) untuk pengampunan dosa??

Jika kita mengaku dosa, kesalahan atau kegagalan kita sekarang ini, itu seharusnya HANYALAH untuk keterbukaan saja kepada Tuhan ataupun kepada sesama kita DAN BUKAN untuk pengampunan dosa lagi.

James 5:14-16
 Is any sick among you? let him call for the elders of the church; and let them pray over him, anointing him with oil in the name of the Lord: And the prayer of faith shall save the sick, and the Lord shall raise him up; and if he have committed sins, THEY shall be forgiven him. Confess your faults one to another, and pray one for another, that ye may be healed. The effectual fervent prayer of a righteous man availeth much.

Yakobus  5:14-16
 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Lihat, mereka dianjurkan saling mengaku dosa bukan lagi untuk mendapat pengampunan dosa dari Tuhan tetapi untuk saling terbuka dan merdeka di dalam hati nurani serta untuk hubungan sehat yang dibangun dalam komunitas ilahi.

Hari ini dan seterusnya, ketika setan atau kedagingan kita ataupun orang-orang hendak mengingatkan kita akan dosa-dosa yang masih dilakukan oleh jiwa dan tubuh kita yang fana ini, maka segeralah memandang kepada apa yang TELAH Yesus Kristus kerjakan dan sediakan di Kalvari untuk kita di dalam roh kita, sehingga kita akan selalu memiliki KESADARAN AKAN YESUS KRISTUS dan KARYA SEMPURNA-NYA untuk kita.

Alkitab lebih banyak menekankan pada deklarasi, proklamasi atau pengakuan akan Yesus Kristus dan karya sempurna-NYA di Kalvary dibanding pengakuan dosa.


Go Freedom in Jesus Christ!



Keep Simple, Inspiring and Impacting the World
Pendidik-Pemberdaya

No comments:

Post a Comment