Search This Blog

Thursday 31 October 2013

Yesus Kristus membuat Anda berbuah!

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Yohanes 15:4

Saya mendengar pernyataan istimewa dari salah seorang anakku di dalam iman tentang kisah ini.

Ia berkata,”bahwa bukan kita yang membuat diri kita, sebagai ranting, dapat melekat kepada pokok anggur. Itu terjadi semata-mata karena Tuhan yang melekatkan kita pada-NYA sebagai pokok anggur”.

Ia menambahkan pula, ”bahwa ranting tidak perlu berpikir bagaimana caranya, makanannya atau airnya agar ia, sebagai ranting, dapat hidup dan mengeluarkan daun atau buah. Itu bagian pokok anggurnya. Bagiannya hanyalah tetap melekat saja--tetaplah berfokus pada pokok anggurnya yaitu Pribadi Yesus Kristus--”



Semua buah dari pohon bukanlah hasil dari kehebatan kerja, inovasi, kreatifitas dari ranting/cabang, atau kerindangan daunnya yang menyerap dan melakukan proses fotosintesis, tetapi dari kelimpahan yang bersumber dari pokok pohon tersebut. Renungkanlah hal ini.

Yesus Kristus adalah pokok anggurnya!

Dialah sumber Anda, Dialah kehidupan Anda, Dialah sukacita Anda, Dialah kelimpahan Anda, Dialah kesabaran Anda ketika dalam penderitaan, Dialah kekuatan dan inspirasi Anda dalam apapun jenis pekerjaan Anda, Dialah perlindungan Anda, Dialah tujuan Anda.

Yesus Kristus SATU-SATUNYA!

Fokus kepada doktrin tentang Yesus Kristus akan membuat Anda mati, tetapi fokus pada Pribadi Yesus Kristus akan membuat Anda hidup, berbuah dan berbuah dalam segala kelimpahan. (Yohanes 10:10)

Doktrin perlu dijaga agar tetap seimbang, tetapi Pribadi Yesus Kristus bukan tentang keseimbangan, Pribadi Yesus Kristus ini adalah tentang KEUTUHAN dan KESEMPURNAAN.


Saya percaya keseimbangan adalah kunci segala sesuatu. Beberapa hal dalam hidup ini perlu keseimbangan seperti makan, berolahraga, bekerja dan istirahat. Rasul Paulus juga menyampaikan salah satu aplikasi keseimbangan dalam hidup ini di 2 Korintus 8:13-14.


Tetapi Pribadi Yesus Kristus bukan tentang keseimbangan. Ia Pribadi yang perlu dilihat, dipandang secara utuh karena Ia adalah yang Utuh dan Sempurna!

Ketika, Pribadi Yesus Kristus ini dipisahkan dari apapun yang Anda terima atau percayai, maka itu akan segera menjadi doktrin dan perlu segera diseimbangkan.


Ketika Anda menerima tentang kasih, kemakmuran, kekudusan, penderitaan, pekerjaan yang giat, kasih karunia, iman, pengharapan, pelayanan kasih, karunia-karunia Roh, dan sebagainya terpisah dari pandangan pada Pribadi Yesus Kristus, maka Anda akan segera melihat pesan itu menjadi beban, masalah baru yang perlu diselesaikan dengan keseimbangan pada doktrin yang lain. Anda biasanya sangat bersukacita melihat kemerdekaan di awalnya tetapi segera itu melihat masalah yang rumit, kompleks di pertengahan dan tanpa akhir.


Ada perbedaan yang sangat luas tentang keseimbangan dan keutuhan.


Inilah ciri khas dari Doktrin; selalu menghasilkan fanatisme, pemisahan, kepahitan, kritik, selalu memiliki penilaian dan kesimpulan yang negatif, senang menyerang atau menghakimi atau menghukum yang lain, penuh ketakutan dan merasa terancam dengan yang lain, percaya sebagai yang paling benar dan tidak perlu berubah, memiliki hati yang keras dan tentu saja pengkultusan/mengagung-agungkan individu tertentu,


……… tetapi fokus pada Pribadi Yesus Kristus yang adalah Kasih SELALU menghasilkan belas kasihan, kesembuhan, pengampunan, pemulihan, kerendahan hati, damai sejahtera, kasih, kesetiaan, kesabaran menanggung penderitaan, hati yang lemah lembut dan hikmat dan ketenangan dalam situasi apapun, penuh dengan pekerjaan-pekerjaan yang baik, berdampak kekal dan meninggalkan warisan Tuhan untuk generasi selanjutnya.


Doktrin mematikan, tapi Pribadi Yesus Kristus menghidupkan, penuh kebenaran dan damai sejahtera.


Perhatikan bagaimana murid-murid datang kepada Yesus, tanpa doktrin, kotbah yang megah, tanpa mujizat atau kesembuhan, tanpa argumentasi, debat, dll…. Tetapi ketika Yesus berkata, “ikutlah Aku”, merekapun segera mengikutinya dengan rela hati. Tidak ada satupun yang dapat membendung pesona keindahan dan keagungan Yesus Kristus Tuhan yang sesungguhnya.


Bahkan, ketika Anda memperhatikan semua kesembuhan, mujizat Yesus Kristus hampir semua tanpa adu pendapat, kotbah yang flamboyan. Mereka hanya fokus pada Pribadi Yesus Kristus saja. Itu sangat lebih dari cukup.


Ketika seseorang melihat suatu pohon, ketika ia mengagumi salah satunya, entah rantingnya atau buahnya, maka pada saat yang sama ia pasti sedang mengagumi pohonnya, karena mereka adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.


Anda dan Tuhan adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam Pribadi Yesus Kristus!


Ketika Anda menjadi ciptaan baru di dalam Kristus maka Ia menjadi satu roh, satu jiwa, satu tubuh dengan Anda!


Ketika Anda memandang Yesus Kristus dengan perbuatan-perbuatan mujizat-NYA yang ajaib, dalam hikmat dan perkataan dan tindakan-tindakan yang menakjubkan, dalam mengasihi orang berdosa tanpa Ia sendiri berbuat dosa, dalam menyatakan kesalahan, dalam menegur, dalam menasihati, dalam mengampuni, dalam kesetiaan-NYA dan ketaatan-NYA kepada pekerjaan yang dikehendaki Bapa-NYA, dalam ketenangan di tengah badai, dalam iman-NYA yang powerful, dalam menyembuhkan yang sakit dan membangkitkan orang mati, dalam sabar menanggung penderitaan, dalam kematian, dalam kebangkitan dari kematian, dalam kenaikan-NYA ke sorga………………. ITULAH ANDA!!


Pribadi Yesus Kristus adalah Tuhan yang menyatu dengan Anda!!


Kasih karunia dan Pribadi Yesus Kristus (Titus 2:11) adalah seperti 2 sisi mata uang yang tidak terpisahkan.


Kasih Karunia yang adalah Pribadi Yesus Kristuslah yang membuat Anda hidup dan  berbuah, bukan doktrin tentang Dia.


Ketika Anda memandang kasih karunia terpisah dari Pribadi Yesus Kristus, maka itu akan segera menjadi doktrin dan kehilangan esensi, substansi, kuasa, pesan utamanya dan akhirnya itu akan membelenggu dan menghancurkan Anda, bukannya memerdekakan Anda.


Yesus Kristus yang adalah gambar dan rupa Tuhan tentang Anda, Yesus Kristus yang menyatu dengan Anda – dalam roh, jiwa dan tubuh Anda-- bukanlah ajaran dasar, tetapi kehidupan yang utuh, kehidupan yang sesungguhnya. Ini bukan susu tetapi makanan keras. (Ibrani 5:11-14; Ibrani 6:1-18,19-20).


Semakin keras suatu “makanan” dalam pengenalan akan Yesus Kristus, maka Ia semakin indah, Ia semakin sederhana, semakin ringan perjalanan iman Anda, semakin iman Anda tinggal dalam peristirahatan, semakin penuh kuasa kehidupan Anda, semakin Anda kagum, penuh dengan damai sejahtera dan sukacita pada Pribadi Yesus Kristus yang ajaib ini.


Kasih Karunia adalah Pribadi Yesus Kristus Tuhan (Titus 2:11-14) yang adalah Anda yang sesungguhnya, merupakan ekspresi Tuhan yang sederhana, tidak rumit, tinggal dalam Anda, tanpa penghukuman, penuh pesona kebenaran dan senyuman kasih sayang. Ia adalah ekspresi Tuhan yang sesungguhnya. Ia Tuhan yang tidak pernah marah dengan Anda atau menghukum Anda. Ia sangat mengasihi Anda. Dan Ia telah menyatu dengan Anda. ^_^


Yesus Kristus adalah hidup yang berbuah bagi kebenaran… dan itulah Anda!

Ketika mata Anda terbuka tentang identitas Anda yang sesungguhnya ini, maka Anda secara otomatis dan alamiah oleh kasih yang telah berkuasa di dalam Anda karena identitas Anda yang adalah Kristus, yang adalah Kasih, yang adalah Kasih Karunia, akan membuat Anda berbuah yang melimpah-limpah yaitu kemerdekaan untuk mengasihi siapapun juga, merdeka untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, merdeka dalam inovasi dan kreatifitas untuk melakukan setiap pekerjaan baik, merdeka dalam kesabaran untuk menanggung penderitaan akibat pemberitaan Injil Kabar Baik dan dalam memuridkan.


Jika pesan ini memerdekakan Anda, membuka mata Anda tentang Kasih Karunia yaitu Pribadi Yesus Kristus yang merupakan identitas Anda yang sesungguhnya, maka bagikanlah kabar baik ini kepada siapapun agar merekapun dimerdekakan juga di dalam Pribadi Yesus Kristus yang ajaib ini.

Go Freedom

Yesus Kristus sangat mengasihimu.


No comments:

Post a Comment