Search This Blog

Sunday 5 February 2012

ROH KUDUS TIDAK PERNAH MENGINGATKAN DOSA ORANG PERCAYA!!

Yohanes 16:7, 8 “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;…”

Keyakinan bahwa Roh Kudus menempelak dosa orang percaya telah menjadi keyakinan umum yang sangat menyesatkan banyak orang.
Inipun telah menjadi topic banyak kotbah dari mimbar-mimbar “kudus”.

Makanya jangan heran hampir semua kotbah-kotbah yang kita dengar sekarang ini paling banyak tentang dosa, kesalahan dan upaya-upaya kita supaya menjadi baik dan sukses. Percayalah itu bukanlah pesan dari Tuhan Yesus Kristus. 

Hari-hari ini, pesan-pesan kebanyakan orang bukan lagi soal Injil Kabar Baik tetapi kotbah agama yang sarat pesan dosa, beban dan upaya manusia untuk menjadi lebih baik.

Sobat, kebenaran sejatinya adalah Roh Kudus tidak pernah menyatakan, menyingkapkan dosa-dosa Anda lagi sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus.


Hukum bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus Tuhan adalah kita TIDAK BERBUAT DOSA LAGI !!! 

1 Yohanes 3:6
“Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.”

1 Yohanes 3:9
Setiap orang yang lahir dari Tuhan, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Tuhan.”
 
1 Yohanes 5:18.
"Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Tuhan, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Tuhan melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya."

Anda JUGA KUDUS, BENAR dan SEMPURNA!!

Ibrani 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita TELAH DIKUDUSKAN SATU KALI UNTUK SELAMA-LAMANYA oleh PERSEMBAHAN TUBUH YESUS KRISTUS.

Ibrani 10:14 Sebab oleh satu korban saja IA TELAH MENYEMPURNAKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA mereka yang Ia KUDUSKAN.

Jadi, kalau oleh semua kebenaran ini kita adalah BENAR, KUDUS, SEMPURNA, TIDAK BERBUAT DOSA LAGI, maka apa sebenarnya fungsi Roh Kudus buat kita yang percaya pada Yesus Kristus??

Perhatikan ini :
Yohanes 16:7, 8
“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;…”

Inilah 3 fungsi dari Roh Kudus 
      -- Roh Kudus akan menginsafkan dunia akan dosa
      -- Roh Kudus akan menyingkapkan kebenaran
      -- Roh Kudus akan menyatakan penghakiman

Inilah lanjutan penjelasan Yesus akan ketiga fungsi Roh Kudus (Penghibur) :

Yohanes 16:9-11 “…akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.”

Dari apa yang Anda baca :

1.    Roh Kudus menempelak dosa orang percaya Yesus atau belum??
2.    Kebenaran itu disingkapkan Roh Kudus untuk siapa? Apa yang Yesus maksudkan dengan kamu pada kata-kata “kamu tidak melihat Aku lagi”? orang-orang berdosa atau kepada murid-murid-NYA yang artinya yang percaya pada-NYA?
3.    Berita Penghakiman dan atau Penghukuman itu untuk siapa?? Iblis atau manusia?

Yesus Kristus kembali menegaskan pesannya tentang fungsi Roh Kudus terhadap orang percaya HANYALAH tentang KEBENARAN dan kebaikan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus :

Yohanes 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Wooooow… indah bukan dan betapa sangat baiknya Tuhan kita kan…

Maka ingatlah, jika ada yang mengingatkan Anda tentang dosa-dosa Anda lagi ataupun penghakiman kekal SETELAH Anda di dalam Kristus, percayalah, itu bukanlah datang atau dikerjakan oleh Roh Kudus dan tentu saja sudah sangat pasti itu bukan kebenarannya!! Bukankah Roh Kudus itu memberitakan penghiburan buat kita sehingga Yesus berkata tentang-NYA sebagai Penghibur? Roh Kudus selalu menghibur kita dengan berita-berita menakjubkan tentang karya dan kebaikan Kristus Yesus Tuhan, BUKAN berita-berita menakutkan tentang hukuman, penghakiman, tuduhan, dosa, kegagalan kita, kebodohan kita, kelemahan kita, kesalahan kita, perasaan bersalah, dsb.

Roma 8:1. Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

Semoga kotbah-kotbah, pesan-pesan mimbar, suara-suara hati nurani kita, kata-kata kita, sikap dan tindakan kita bukan lagi berbicara tentang hal-hal yang tidak benar, dosa, penghakiman, mengasihani diri oleh karena kesalahan ataupun kegagalan kita tetapi tentang kebenaran dan kebaikan dari Tuhan yang baik dan manis bernama Tuhan Yesus Kristus!

Go Freedom!

Keep Simple, Inspiring and Impacting the World
Pendidik, Inspirator, Pemberdaya
Facebook Group : Manado Community Kingdom of God

1 comment:

  1. orang percaya masih perlu hidup dalam pertobatan ....

    ReplyDelete